Persamaan Garis Singgung

Bagi Bapak/ibu guru matematika atau para siswa yang hendak mencari materi presentasi Pembelajaran Persamaan Garis Singgung kelas XI IPA/IPS, silahkan download link berikut :  Persamaan Garis Singgung pada Kurva

materi tersebut sengaja saya buat untuk Implementasi Lesson Study di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo pada hari Selasa, 22 Mei 2012. Semoga dapat bermanfaat.

Pembinaan Guru dengan Lesson Study

Pada Hari Kamis, tanggal 10 Mei 2012 yang lalu, kami mengikuti workshop Lesson Study yang di adakan Majlis Dikdasmen PDM Muhammadiyah Sukoharjo yang bekerja sama dengan UMS dengan nara  sumber DR. Tjipto Subadi, M.Si.

Lesson Study adalah salah satu upaya pembinaan kepada  guru terhadap pembalajarn yang dilakukan guru di kelas. Dengan lesson study guru diharapkan mampu merencanakan pembelajaran dengan sebaik mungkin, kemudian melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mengaktifkan siswa dalam belajar, dan setelah pembelajaran diadakan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan. Dan hasil tersebut dijadikan acuan untuk pembelajaran selanjutnya, bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi.

Lesson Study menurut saya bisa kita coba dan kita kembangkan dengan tujuan agar tahapan -tahapan dalam lesson study dapat menjadi pembiasaan bagi kita dalam menstranfer ilmu yang kita miliki kepada anak didik kita.

Bagi yang berminat, saya punya oleh-oleh dari hasil workshop tersebut yang kami dapatkan dari nara sumber bapak DR Tjipto Subadi, M.Si tentang apa itu Lesson Study. Silahkan klik  Lesson-Study untuk mengunduh materi tersebut. Terima kasih Pak DR. Tjipto, semoga kami mampu mengaplikasikan dan mengimplementasikan lesson study dalam pembelajaran di sekolah kami.

Matematika IPS

Bagi Adik-adik SMA kelas XII IPS yang ingin mempersiapkan Ujian  Nasioanal 2012, berikut saya kasih Ringkasan Materi yang berbentuk ringkasan rumus-rumus  yang dapat di download pada link-link di bawah ini :

1. Bab 1 Logika Matematika

2. Bab 2 Bentuk Pangkat, Akar dan Logaritma

3. Bab 3 Persamaan Kuadrat dan Pertidaksamaan Kuadrat

4. Bab 4 Fungsi Kuadrat

5. Bab 5 Sistem Persamaan Linear

6. Bab 6 Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers

Untuk materi lain, secepatnya akan saya susulkan

Informasi Sertifikasi Guru Tahun 2012

Persyaratan

  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
    • bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
    • bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota atau dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.
  5. sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
    • pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
    • mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Daftar calon peserta sertifikasi guru tersebut diurutkan berdasar kriteria berturut turut usiamasa kerja, dan golongan.

Jika data diri saudara belum tertera dalam daftar layak calon peserta padahal saudara memenuhi syarat, anda dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

 

Prosedur perbaikan data NUPTK

  • Guru membawa salinan dokumen sebagai bukti fisik perbaikan data ke dinas pendidikan setempat
  • Dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan perbaikan database NUPTK guru tersebut dan mengirimkan salinan dokumen tersebut ke LPMP
  • LPMP melakukan persetujuan (approval) terhadap perbaikan data tersebut berdasarkan salinan dokumen yang dikirim oleh dinas kabupaten/kota.

Perbaikan data NUPTK untuk pelaksanaan sertifikasi guru 2012 berakhir pada tanggal 1 Desember 2011.

(Informasi ini kami peroleh dari http://www.sergur.pusbangprodik.org/ yang kami download hari Sabtu, 29 Oktober 2011)

By alisahadi Posted in Berita

Program Sertifikasi Guru Akan Terus Diperbaiki

Perbaikan pelaksanaan sertifikasi guru untuk tahun 2012 akan diimplementasikan dalam empat hal yaitu 1) penetapan peserta melalui sistem online; 2) uji kompetensi; 3) perankingan dimulai dari usia, masa kerja, golongan; dan 4) penjadwalan.

Jakarta — Pemerintah memiliki komitmen tinggi untuk terus memperbaiki pelaksanaan program sertifikasi guru. Komitmen tersebut diwujudkan dengan memperbaiki regulasi, pelaksanaan, sampai ke tingkat evaluasi program.

Perbaikan di sektor regulasi program sertifikasi guru direalisasikan dengan terbitnya Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, menggantikan peraturan yang berlaku sebelumnya. Esensi dari peraturan baru ii adalah memberi ruang dan mendukung pelaksanaan dan peranan guru demi meningkatkan profesionalismenya. Profesionalisme guru diharapkan berdampak pada peningkatan mutu, kreativitas, dan kinerja guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Perbaikan pelaksanaan sertifikasi guru untuk tahun 2012 akan diimplementasikan dalam empat hal yaitu 1) penetapan peserta melalui sistem online; 2) uji kompetensi; 3) perankingan dimulai dari usia, masa kerja, golongan; dan 4) penjadwalan. Perbaikan pelaksanaan tersebut menjadi tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMP dan PMP).

Badan PSDMP dan PMP telah membangun Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG) untuk memperbaiki akuntabilitas dan sistem rekrutmen peserta sertifikasi. Aplikasi online tersebut dapat diakses melalui laman www.sergur.pusbangprodik.org. Pada laman tersebut data guru yang ditampilkan sebagai calon peserta sertifikasi diambil dari basis data NUPTK hasil perbaikan per tanggal 30 September 2011. Persyaratan tentang peserta sertifikasi guru juga diuraikan dengan jelas di laman tersebut.

Data guru yang ditampilkan di laman tersebut adalah guru yang memenuhi persyaratan mengikuti sertifikasi guru dan belum memiliki sertifikat pendidik. Apabila ditemukan data yang tidak tepat, guru yang bersangkutan dapat menghubungi dinas pendidikan kabupaten / kota untuk proses perbaikan data. Perbaikan data calon peserta sertifikasi guru akan berakhir pada tanggal 1 Desember 2011. Dengan demikian data yang ditampilkan pada tanggal 2 Desember 2011 adalah data final peserta sertifikasi guru.

Program sertifikasi telah dijalankan selama lima tahun sejak 2007. Sebanyak 1.101.552 orang guru telah mengikuti sertifikasi. Tahun lalu, 747.727 orang guru telah lulus sertifikasi.

Terhadap pemotongan tunjangan profesi guru yang terjadi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMP dan PMP) Kemdikbud Syawal Gultom menyesalkannya. “Kami akan terus mengupayakan kelancaran pembayaran profesi guru.” ujarnya saat Publikasi Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (26/10) siang. (widhi/gloria)

( didownload dari http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/106  hari Sabtu, 29 Oktober 2011)

By alisahadi Posted in Berita

Pembahasan Soal Soal Matematika Ujian Nasional

Bagi adik-adik SMA kelas XII yang ingin mendapatkan soal dan pembahasan Ujian Nasional bisa Anda Download file di bawah  ini. File tersebut kami dapatkan juga dari mendownloadnya dari web P4TK Matematika.

1. Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika IPA Tahun Pelajaran 2009/2010

2. Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika IPS Tahun Pelajaran 2009/2010

3. Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika IPA Tahun Pelajaran 2010/2011.

4. Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika IPS Tahun Pelajaran 2010/2011.

Peta Nilai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa

PETA NILAI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA

BERDASARKAN MATA PELAJARAN

UNTUK JENJANG SEKOLAH MENENGAH

 

NO

Mata Pelajaran

Nilai Budaya dan Karakter Bangsa

1.

Pendidikan Kewarganegaraan       ( PKn)
  1. Semangat Kebangsaan
  2. Cinta Tanah air
  3. Menghargai Prestasi
  4. Bersahabat
  5. Komunikatif
  6. Cinta Damai
  7. Senang membaca
  8. Peduli sosial
  9. Peduli lingkungan,
  10. Religius
  11. Jujur
  12. Toleran
  13. Disiplin
  14. Kerja keras/cerdas
  15. Kreatif
  16. Mandiri
  17. Demokratis
  18. Rasa ingin tahun Percaya
  19. Respek,
  20. Bertanggung jawab
  21. Saling berbagi

2.

Bahasa Indonesia
  1. Religius
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja Keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa Ingin Tahu
  10. Semangat Kebangsaan
  11. Cinta Tanah Air
  12. Menghargai Prestasi
  13. Bersahabat/Komunikatif
  14. Cinta Damai
  15. Peduli Sosial
  16. Peduli Lingkungan
  17. Berani *
  18. Kritis *
  19. Terbuka *
  20. Humor *
  21. Kemanusiaan

3.

Matematika
  1. Teliti
  2. Kreatif
  3. Pantang menyerah
  4. Rasa ingin Tahu

4.

Sejarah
  1. Semangat Kebangsaan
  2. Cinta Tanah Air
  3. Mengharagai Prestasi
  4. Bersahabat/Komunikatif
  5. Cinta Damai
  6. Senang Membaca
  7. Peduli Sosial
  8. Peduli Lingkungan
  9. Religius
  10. Jujur
  11. Toleransi
  12. Disiplin
  13. Kerjakeras
  14. Kreatif
  15. Mandiri
  16. Demokratis
  17. Rasa Ingin Tahu

5.

Biologi
  1. Peduli Kesehatan
  2. Religius
  3. Mandiri
  4. Toleransi
  5. Bersahabat/komunikatif
  6. Peduli sosial
  7. Tanggungjawab
  8. Peduli lingkungan

6.

Fisika
  1. Rasa ingin tahu
  2. Senang membaca
  3. Semangat kebangsaan
  4. Jujur
  5. Peduli lingkungan
  6. Toleransi
  7. Cinta damai
  8. Kerja keras
  9. Berani
  10. Kreatif

7.

Ekonomi
  1. Jujur
  2. Peduli sosial
  3. Rasa ingin tahu
  4. Kreatif
  5. Mandiri
  6. Cinta tanah air
  7. Kerja keras
  8. Disiplin
  9. Semangat kebangsaan
  10. Demokratis

8.

Geografi
  1. Semangat kebangsaan,
  2. Cinta tanah air,
  3. Menghargai prestasi,
  4. Bersahabat,
  5. Cintai damai,
  6. Senang membaca,
  7. Peduli sosial,
  8. Peduli lingkungan,
  9. Religius,
  10. Jujur,
  11. Toleransi,
  12. Disiplin,
  13. Kerja keras,
  14. Kretaif,
  15. Mandiri,
  16. Memokratis,
  17. Rasa ingin tahu

9.

Bahasa Inggris
  1. Bersahabat
  2. Komunikatif,
  3. Peduli sosial
  4. Rasa ingin tahu
  5. Demokratis
  6. Mandiri
  7. Kerja keras
  8. Disiplin
  9. Senang membaca

10.

Kimia
  1. Rasa Ingin tahu
  2. Jujur
  3. Peduli lingkungan
  4. Senang membaca
  5. Kritis
  6. Kreatif
  7. Toleran
  8. Peduli sosial
  9. Religius
  10. Disiplin
  11. Komunikatif
  12. Mandiri
  13. Peduli sosial
  14. Cinta tanah air
  15. Cinta damai

11.

Sosiologi
  1. Bersahabat/
  2. Komunikasitif,
  3. Cinta Damai,
  4. Peduli Sosial,
  5. Peduli Lingkungan,
  6. Religius,
  7. Toleransi,
  8. Disiplin,
  9. Kerja Karas,
  10. Kreatif,
  11. Demokratis, dan
  12. Rasa Ingin Tahu

 

Sumber : Kementerian Pendidikan Nasional . 2010.  Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum

20 Komponen Administrasi Guru

INSTRUMEN MONITORING

ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU

SMP/SMA/SMK

 

Nama Guru                  : ………………………………………………..

Nama Sekolah                        : ………………………………………………..

Alamat                          : ………………………………………………..

NO

ASPEK YANG DIAMATI

TANGGAPAN

 

 

CATATAN

SARAN / SOLUSI

YA

TIDAK

1

Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari Kepala Sekolah

2

Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam / minggu

3

Apakah guru memiliki Program Tahunan (Prota)

4

Apakah guru membuat Program Semester (Promes)

5

Apakah guru memiliki Silabus yang dibuat sendiri/sekolah

6

Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri

7

Apakah Guru Melakukan pembelajaran sesuai jadwal

8

Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi

9

Apakah guru memiliki instrumen, kunci, rubrik, dan kreteria penilaian UH

10

Apakah Guru Memiliki indtrumen, kunci, rubrik, dan kreteria penilaian UTS

11

Apakah Guru Memiliki indtrumen, kunci, rubrik, dan kreteria penilaian UAS

12

Apakah guru mengoreksi hasil Ulangan Harian (UH) atau Uji Kompetensi (UK)

13

Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur

Baca lebih lanjut

Protap Pelaksanaan Proses Pembelajaran

PROTAP

PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

 

A. Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran

1. Rombongan belajar

Jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan belajar adalah:

a. SD/MI             : 28 peserta didik

b. SMP/MTs      : 32 peserta didik

c. SMA/MA        : 32 peserta didik

d. SMK/MAK      : 32 peserta didik

 

2. Beban kerja minimal guru

a.  beban kerja guru mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran,membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan;

 

b. beban kerja guru sebagaimana dimaksud pada  huruf a di atas adalah sekurang-kurangnya 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Baca lebih lanjut